TribunQQ

Jokowi Bakal Salat Id di Masjid Istiqlal Bersama 3 ribu Tamu Lainnya

Jokowi Bakal Salat Id di Masjid Istiqlal


Jokowi Bakal Salat Id di Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal akan menggelar salat Idul Fitri hari ini. Di antara tamu yang hadir, Presiden Joko Widodo adalah salah satunya. Presiden akan salat bersama 3.000 tamu undangan.

"Kami untuk VIP itu menyiapkan 3.000 tempat. Karena kan semua menteri yang Islam diundang, terus duta besar yang beragama Islam diundang. Kalau satu orang membawa istri dan anak kan kali 3, berapa undangan, sekitar 2.000-3.000 kami siapkan, yang mengundang Kementerian Agama. Kami tempatnya," ujar Kabag Protokol Masjid Istiqlal Abdul Salam di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2017).

Tamu yang akan duduk sejajar dengan Presiden Joko Widodo selain Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Masjid Istiqlal, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, serta menteri-menteri senior.

Imam Rawatib Masjib Istiqlal Husni Ismail akan menjadi imam salat id. Sementara khatibnya adalah Quraish Shihab. keduanya dipilih oleh Kementerian Agama.

Sedianya, salat id akan dimulai pukul 07.00 WIB jika sesuai rencana. Presiden sendiri akan diduk tepat di depan khatib.

Presiden akan masuk lewat pintu khusus yaitu pintu Al Malik, beserta tamu VVIP lainnya seperti mantan presiden sebelumnya. Sementara tamu VIP lewat melalui pintu As Salam.

Abu juga mengatakan bahwa akan ada sterilisasi pengunjung masjid sekitar pukul 03.00 dini hari nanti. Seluruh jamaah yang sudah berada di dalam, diimbau untuk keluar, kemudian baru masuk kembali melewati pintu detektor yang disiapkan di tiga pintu untuk umum.

Semenetara itu secara teknis pihak Masjid Istiqlal juga melakukan perbaikan. Seperti keran di tempat wudhu, pemasangan alat pengaktif genset, serta penambahan sound system di beberapa titik.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

0 Response to "Jokowi Bakal Salat Id di Masjid Istiqlal Bersama 3 ribu Tamu Lainnya"

Posting Komentar