TribunQQ

Jokowi Janji Akan Bertindak Tegas Terhadap Freeport

Jokowi Janji Tegas Terhadap Freeport

Presiden Joko Widodo menyatakan, saat ini dirinya masih menyerahkan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan untuk berunding dengan PT Freeport Indonesia. Seperti diketahui perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu masih bersikeras enggan mengubah status kontrak dari kontrak karya menjadi izin usaha pertambangan khusus.

Lebih lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan jika tak kunjung mendapatkan titik temu, baru dirinya bakal mengambil sikap tegas terhadap perusahan yang berafiliasi dengan Freeport McMoran di AS itu. Saat ini, Freeport masih menolak IUPK yang diterbitkan pemerintah dan hal ini membuat mereka menahan produksi karena tidak bisa melakukan ekspor konsentrat.

Mereka pun mengancam akan melakukan pemutusan hubungan kerja massal dan mengancam akan menyeret pemerintah ke arbitrase internasional, jika pemerintah tak menuruti kemauannya untuk tetap mempertahankan KK. "Kalau sulit diajak musyawarah dan sulit kita ajak berunding, ya nanti kita akan bersikap," ujar Jokowi di GOR Popki, Cibubur, Kamis (23/2/2017).

Dia menambahkan bakal melihat perkembangan lebih lanjut terkait perundingan yang dilakukan Jonan dan perusahaan tambang kelas kakap tersebut.‎ Jika memang menemukan jalan buntu, baru dia akan mengambil sikap.

0 Response to "Jokowi Janji Akan Bertindak Tegas Terhadap Freeport"

Posting Komentar