TribunQQ

Catalonia Mendeklarasikan Kemerdekaan dari Negara Spanyol

Catalonia Mendeklarasikan Kemerdekaan


Catalonia Mendeklarasikan Kemerdekaan

Jumat 27 oktober 2017 lalu, Parlemen Catalonia baru saja mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol. Hal itu dilakukan hari ini waktu setempat. Hal ini bentuk pembangkangan terhadap Pemerintah Madrid yang bersiap untuk menerapkan peraturan langsung atas wilayah tersebut.

Gesekkan antara Parlemen Catalonia dan Pemerintah Madrid ini menilmbulkan krisis politik terburuk Spanyol dalam 4 dekade. Deklarasi tersebut berlaku simbolis karena tidak akan diterima oleh Spanyol atau masyarakat internasional.

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy meminta semua pihak berkepala dingin dan dia mengatakan aturan hukum atas Catalonia akan diperbaiki.

Keputusan memisahkan diri dari Spanyol itu disahkan di Parlemen Catalonia di Barcelona. Parlemen mengatakan bahwa Catalonia merupakan negara demokratis yang independen dan berdaulat. Parlemen Catalonia menyatakan siap membuka pembicaraan dengan Madrid untuk berkolaborasi dalam mendirikan republik Catalonia.

Beberapa pendukung kemerdekaan telah berjanji untuk melakukan kampanye pembangkangan sipil, yang dapat menyebabkan konfrontasi langsung dengan aparat keamanan.

Seperti diketahui Catalonia adalah salah satu wilayah Spanyol yang paling makmur dan sudah memiliki tingkat otonomi yang tinggi.

Baca juga berita-berita menarik lainnya hanya di LiputanKompas.

0 Response to "Catalonia Mendeklarasikan Kemerdekaan dari Negara Spanyol"

Posting Komentar